Saat Bingung Memilih Pasangan

30 04 2007

Penulis : Abu Aufa

Sumber : http://www.dudung.net

 

 

Dalam memilih pasangan hidup, baik bagi laki-laki maupun perempuan keduanya memiliki hak untuk memilih yang paling tepat sebagai pasangannya. Hal itu dikenal dalam Islam yang namanya ‘kufu’ ( layak dan serasi ), dan seorang wali nikah berhak memilihkan jodoh untuk putrinya seseorang yang sekufu, meski makna kufu paling umum dikalangan para ulama adalah seagama.

Namun makna-makna yang lain seperti kecocokan, juga merupakan makna yang tidak bisa dinafikan, dengan demikian PROSES MEMILIH ITU TERJADI PADA PIHAK LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN. Disisi lain bahwa memilih pasangan hidup dengan mempertimbangkan berbagai sisinya, asalkan pada pertimbangan-pertimbangan yang wajar serta Islami, merupakan keniscayaan hidup dan representasi kebebasan dari Allah yang Dia karuniakan kepada setiap manusia, termasuk dalam memilih suami atau istri. Aisyah Ra berkata, “Pernikahan hakikatnya adalah penghambaan, maka hendaknya dia melihat dimanakah kehormatannya akan diletakkan”

Rasulullah pun bersabda, “Barang siapa yang menjodohkan kehormatannya dengan orang yang fasik maka dia telah memutus rahimnya” (HR Ibnu Hibban). Nabi juga pernah memberikan pertimbangan kepada seorang sahabiyah yang datang kepadanya seraya minta pertimbangan atas dua orang yang akan melamarnya, lalu Nabi menjawab, “Adapun Muawiyah bin Abi sufyan dia sangat ringan tangan (alias gampang memukul), adapun yang lainnya adalah orang yang fakir tidak memiliki harta yang banyak.” Lalu Nabi menikahkannya dengan Zaid bin Haritsah.

Dan untuk memantapkan pilihan, terutama dari berbagai alternatif sebaiknya melakukan shalat istikhorah baik di tengah malam maupun di awalnya, dan lakukan secara berkali-kali. Jika telah dilakukan berkali-kali maka KEMANTAPAN YANG ADA ITULAH YANG INSYA ALLAH MERUPAKAN PETUNJUK-NYA, DAN ITULAH YANG LEBIH DIIKUTI. Tetapi perlu diingat, bahwa informasi yang dominan pada diri seseorang sering yang lebih berpengaruh terhadap istikhorah, oleh karena itu perlu dilakukan berkali-kali. Dan untuk membedakan apakah itu keputusan yang dominan adalah selera semata atau dominasi istikharah agak sulit, kecuali dengan berkali-kali, sekalipun salah satu tanda bahwa itu adalah petunjuk dari Allah adalah dimudahkannya urusan tersebut, tetapi hal tersebut bukan satu-satunya alamat yang mutlak.

 

Selengkapnya silahkan dibaca di:

http://www.dudung.net/index.php?naon=depan&action=detail&id=410&cat=2

About these ads

Actions

Information

45 responses

16 11 2007
bayu wibisono

mimpi mungkin itu yg di namakan cinta
cinta adalah perjuangan mungkin juga harapan
atau sebuah janji dua insan ….

28 01 2008
Okta

tapi untuk mendapatkan pasangan/soulmate itu memang tidak mudah butuh suatu usaha yang diikuti dengan kesiapan batin…nah untuk kesiapan batin itu-lah yang terkadang susah untuk digapainya…

7 02 2008
esy

sebenarnya kita masih harus bersyukur, karena masih ada yang bingung menentukan pilihan, karena berarti masih banyak yang suka dengan kita, untuk menambah pertimbangan anda, silahkan kunjungi ecomblang.com, situs mak comblang online, khusus dewasa yang serius mencari belahan jiwanya

6 03 2008
Love"at Daydo

Gue see..Asyik2 az,, yang jalani hidup ini dgn apa adnya …ok

17 06 2008
arin

cinta adalah sesuatu yang tidak bisa direncanakan tapi…cinta bisa dipelajari :)
yap…jika kita inginkan sesuatu maka bermimpi terlebih dulu…insyaAllah mimpi itu jadi nyata….termasuk memiliki pasangan jiwa

23 06 2008
Chien

aku percaya pada mimpi malah hampir takut jika mimpi itu jadi kenyataan, aku bimbang pisang berbuah dua kali tetapi andai kata dia telah berubah maka aku bisa terima dia kembali.

19 07 2008
shafa

jika kamu mencintai sesuatu…..
biarkan dia perrgi…..
bila kembali itu adalah milikmu……
tapi jika tidak maka takkan pernah…..

12 08 2008
Uthe

Cinta itu adalah rasa kasih sayang yang sangat tulus di sertai dengan

16 10 2008
muthia

ada yang mau berta’aruf?

19 10 2008
ryndhar

Hakikat jodoh adalah sebuah proyeksi dari takdir, pikirkan dengan akal, putuskan dengan nurani………, pasti ada jawaban tuhan (ALLAH) bila kita ber taqorrub.

11 02 2009
Santos

Memang sulit n bth ush keras tuk buktikan cinta kt pd seseorang, bwt gw dicintai atw mencintai mesti benar2 tulus

1 04 2009
musafir cinta

Cintailah aku…tuk slama2nya

14 04 2009
bebe

cinta buat aku selalu tak berhenti untuk bersyukur, karena ketika aku terpuruk, aku jatuh………………….
cinta dari orang2 terkasih selalu membuat aku bangkit dan bersemangat dalam menjalani hidup.
terima kasih cinta…
terima kasih tuhan yesus,..kasihmu selalu menyertai langkahku..

18 04 2009
ammmmi....

ya Allah jika memang dia adalah wanita pendamping hidupku maka jadikanlah dia sebagai istriku walaupun dia 10 tahun diatas ku………..
ya Allah jika memang kau takdirkan dia untukku maka percepatlah pernikahan kami walaupun aku masih bau kencur………………
ya Allah jika memang itu kehendakMu maka kabulkanlah doaku…….

28 10 2009
yayank_banjarnegara

hari ultah jadian satu tahun

tanggal 5 juli 2009 qt ngrayain happy anyversery qt low….hari itu indah bgd….mas eko romantiz bgd…..aku ga mau ngelupain hari itu

11 12 2009
D14hayu's Blog

[...] Saat Bingung Memilih Pasangan [...]

13 12 2009
aziEyra iLLIya

aKu ciNta aseorang pEnkid!!!! arghhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!! bErdosanyeee aku!!!!!!!!!

14 12 2009
Saat Bingung Memilih Pasangan « Almacantik's Blog

[...] Namun makna-makna yang lain seperti kecocokan, juga merupakan makna yang tidak bisa dinafikan, dengan demikian PROSES MEMILIH ITU TERJADI PADA PIHAK LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN. Disisi lain bahwa memilih pasangan hidup dengan mempertimbangkan berbagai sisinya, asalkan pada pertimbangan-pertimbangan yang wajar serta Islami, merupakan keniscayaan hidup dan representasi kebebasan dari Allah yang Dia karuniakan kepada setiap manusia, termasuk dalam memilih suami atau istri. Aisyah Ra berkata, “Pernikahan hakikatnya adalah penghambaan, maka hendaknya dia melihat dimanakah kehormatannya akan diletakkan” Read the rest of this entry » [...]

20 01 2010
niie

aq bingung dengan datangnya cinta . terkadangdia datang di saat aku tidak membutuhkannya .
tapi di saat aku membuthkanya dia tak pernah datang menghampiri aku .

8 07 2010
artikel cinta | meraih mimpi

[...] Saat Bingung Memilih Pasangan [...]

30 07 2010
amar

cinta hal lazim dimiliki seseorang tp sulit di ucapkan ketika cinta itu ada mengapa hati mampu menyakiti perasaan mampu mengecewakan…………………….??????????

12 08 2010
natheea armoree » Blog Archive » LoVe………

[...] Saat Bingung Memilih Pasangan [...]

26 08 2010
Saat Bingung Memilih Pasangan « DUNIA Q

[...] [...]

23 09 2010
artikel8 | Isacute's Blog

[...] artikel8 Posted on September 23, 2010 by isacute Saat Bingung Memilih Pasangan [...]

7 12 2010
hacer
1 02 2011
julia

aku bnggung ttntng cinta…..aku myyngi nya…merinduinya…dia memahami ttng aku…tentng sglanya..tapi dalm masa yang sama aku trpaksa buat kptsan yang x spptutnyer aku buat dlam wktu terdekat…aku mgahwini orng lain kekasih lama ku…
adakah aku slah buat kptsan?

20 04 2011
CHIBI

KLO SOAL CINTA NO COMMENTT DEH!!!!!!!

28 06 2011
Siti Fatimah Paminggir

indah ceria kadang merana, inilah rasa cinta. inikah artinya cinta hadir tanpa diminta, hati ingin menerima tapi dibatasi cita. sinar wajahnya bercahaya, diriku terpesona, namun aku masih mencari cinta yang ESA

24 07 2011
Sunifah Rakhmat

bismillah ja.. mnurut q pa yg slalu ada di dlm dri qt yg baik itu datang dri Allah sedangkn yg buruk itu dtang y dr setan. so mslah cinta serahkn kpd sang KUasa.. n snan tiasa dasari cinta krna aLLah.

20 11 2011
abdullah leo

kalau saya bersabar saja untuk mendapat kan pasanggan

20 11 2011
abdullah leo

This is me about a berpasanggan chert but apparently pasanggannya start is continued to the present

28 11 2011
Dheara Luph Dcc

yang terbaik adalah yang terindah //^0^\\

8 02 2012
reynissa

aq gax percaya soal cintaaaaaaa

15 02 2012
Saat Bingung Memilih Pasangan « yusufstmik

[...] Saat Bingung Memilih Pasangan [...]

5 03 2012
Monyet N D'ordinarylife

cinta itu berjalan, kadang juga berlari
cinta akan berhenti sejenak jika ia kehausan, makan ketika kelaparan !!!

19 03 2012
yaya

Gue bingung banget mau mencari C I N T A

1 04 2012
sabar

aku, ingin memilih cinta tapi aku, sakit saat di tinggalkan cinta
aku tdk tau hrus berjuang tanpa cinta,
bintang love you bulan.
itu lah cinta akmi yg terang di mlam hari

14 07 2012
Saat Bingung Memilih Pasangan | Media Berbagi

[...] Source Baca Juga :Yang Membuat Wanita Menggilai Pria [...]

11 08 2012
eko suryono

cinta adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

3 09 2012
Mencintaimu.com

Ga usah bingung… ^^

18 10 2012
mester c

cinta itu seperty pasang surut air.
kadang dia datang dan buat bahagia
dan kadang juga pergi menyisakan luka

19 01 2013
zen

kalau ingin dapat jodoh yg baik, maka kita nya sendiri harus menjadi orang yang baik pula

3 02 2013
tichyan

menurut qw hidup tanpa cinta itu tiada rasa bahagia ,tak mungkin ada perasaan yg pernah qt inginkan itu terjadi karena itu semua yg qt lakukan harus didasari dengan cinta…….

3 02 2013
tichyan

ya allah semoga engkau memberikan cinta yg abadi dan kesetiaan untuk qw dan dirinya

2 04 2013
Ricjan nola

sukses selalu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: